Manfaat Sholat Bagi Kesehatan

manfaat sholat bagi kesehatan
Sholat
Selain untuk melaksanakan perintah agama, ternyata sholat juga punya efek samping lain yaitu menyehatkan tubuh.
Adapun hubungan sholat dengan kesehatan adalah setiap gerakan-gerakan shalat berkakibat baik bagi kesehatan serta berpengaruh pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, ruas tulang punggung, otak, lambung, rongga dada, pangkal paha, leher, dll. Berikut adalah ringkasan yang bermanfaat untuk mengetahui tentang daya penyembuhan di balik pelaksanaan sholat sebagai aktivitas spiritual.
  

Berdiri tegak
Gerakan-gerakan sholat bila dilakukan dengan benar selain menjadi latihan yang menyehatkan juga mampu mencegah munculnya penyakit dan meyembuhkan
berbagai macam penyakit. Berdiri tegak pada waktu sholat membuat seluruh saraf menjadi satu titik pusat pada otak, jantung, paru-paru, pinggang, dan tulang pungggung lurus dan bekerja secara normal, kedua kaki yang tegak lurus pada posisi akupuntur, sangat bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.

Rukuk
Rukuk berhubungan dengan menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang yang terdiri dari tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan ruas tulang tungging, karena pada saat rukuk kita telah menarik, menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak, punggung dan lain-lain.

Sujud
Bersujud dengan meletakan jari-jari tangan di depan lutut membuat semua otot berkontraksi. Gerakan ini bukan saja membuat otot-otot itu akan menjadi besar dan kuat, tetapi juga membuat pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dinding-dinding pembuluh darah.
  
Duduk tasyahud
Duduk tasyahud akhir atau tawaruk adalah posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini, secara otomatis hal ini dapat memijat pusat-pusat daerah otak, ruas tulang punggung teratas, mata, otot-otot bahu, dan banyak lagi terdapat pada ujung kaki. Bagi kaum pria sikap duduk ini manfaatnya terutama untuk kesehatan dan keperkasaan.

Salam
Gerakan salam yakni berpaling ke kanan dan ke kiri mempunyai manfaat membantu  menguatkan otot-otot leher dan kepala.


Apabila dalam melaksanakan Sholat dilaksanakan dengan benar maka tubuh akan terasa lebih segar, sendi-sendi dan otot akan terasa lebih kendur, dan otak juga mempu kembali berfikir dengan terang. Namun yang harus diingat bahwa sholat adalah ibadah agama bukan sarana olahraga.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, aamiin.....
  


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Manfaat Sholat Bagi Kesehatan"

Post a Comment