Tutorial Cara Membuat Blog, Lengkap Mudah dan Rinci

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Blog lengkap dan jelas dari pemula hingga tampilan blog menjadi profesional, langsung saja simak tutorial berikut.

Pertama, sebelum membuat blog kita harus mempunyai akun Google terebih dahulu, kalau belum punya bikin dulu caranya ikuti instruksi disini "Cara Membuat akun Google"
Selanjutnya kalau sudah punya Gmail, langsung saja kita masuk ke www.blogger.com, nah gunakan akun google kita untuk login/masuk.
Setelah berhasil masuk maka tampilan pada halaman akan seperti dibawah ini :

Klik Lanjutkan Ke Blogger, setelah itu akan muncul tampilan menu blogger kita, nah disini terdapat perintah untuk membuat blog pertama kita, perhatikan gambar dibawah ini :

Untuk membuat blog, klik pada tulisan yang ditandai dengan bingkai dan tanda panah hitam.
setelah itu akan muncul kolom pengisian data blog yang akan kita buat, isi kolom tersebut sesuai keinginan kita, tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Nah sampai disini kita telah membuat Blog, namun tampilan blog kita masih sangat sederhana, belum terlihat profesional.

Sebelum kita membuat tampilan blog kita menjadi lebih bagus langkan selanjutnya dari Blog yang kita buat tadi adalah untuk memberikan postingan/artikel caranya cukup mudah, tinggal klik "mulai mengeposkan" atau kita klik judul blog kita kemudian masuk ke menu blog kita seperti pada gambar dibawah ini:


Untuk membuat artikel Klik pada menu yang diberi tanda no.1, untuk mengetahui artikel-artikel yang telah kita buat klik pada menu dengan tanda no.2
Tampilan saat kita klik Entri Baru/ New Entri adalah sebagai berikut:

Penjelasan :
Ini merupakan halaman kerja kita untuk membuat suatu artikel, terdapat kolom judul, jenis font, ukuran font dan lainnya.
Setelah selesai membuat artikel kita harus mempublikasikannya, saranya dengan klik "Publikasikan" yang ada di kanan atas.
Membuat artikel sudah kita laksanakan, namun bagaimana jika pada artikel kita harus memuat gambar? nah untuk menyisipkan gambar pada artikel baca tutorial "Cara Memberikan/Menyisipkan Gambar di Artikel Blog"
Sampai disini kita telah selesai sepenuhnya didalam membuat dan menggunakan blog.

Selesai dengan artikel/postingan kita lanjut ke "Tampilan dan Tata Letak Blog" kita.
Tampilan yang menarik dan tata letak yang pas tentunya akan membuat blog kita semakin menarik, oleh sebab itu kita harus benar-benar memperhatikan dan menjaganya serta merubahnya agar terlihat menarik.
Namun sebelum kita membuat tampilan yang lebih menarik, tahukan kita tentang Fungsi-fungsi Menu Blogger? kalau belum mengetahui silahkan simak terlebih dahulu artikel tentang "Fungsi menu dan Setting Blog"

Setelah kita memahami fungsi dari menu dan konten widget blog sekarang kita akan membahas tentang tampilan visual blog yang tentu saja berhubungan dengan tema/template blog, untuk memahami lebih lanjut tentang "Tema / Template blog" baca artikelnya disini.

Nah, segala urutan dan cara-cara untuk membuat Blog dan Menjadikan Blog mempunyai tampilan yang bagus telah kita lewati, artinya blog kita telah mempunyai tampilan yang bagus, selanjutnya kita tinggal melakukan "Optimasi Search Engine" atau membuat Blog kita terbaca Search Engine/mesin Pencari dan membuatnya terkenal sehingga memiliki banyak pengunjung. Untuk Informasi Seputar Search Engine Optimasion klik disini.


Selesai, dan Blog kita Siap Bersaing dengan Blog-blog lainnya.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Blog, Lengkap Mudah dan Rinci"

Post a Comment