Resep Membuat Cireng, Gorengan Khas Bandung


Aci goreng atau disingkat menjadi cireng merupakan salah satu jajanan nusantara asli Indonesia. Gorengan ini berasal dari Bandung ini bisa dibuat sendiri di rumah karena sangat mudah membuatnya.

Nah jika sobat ingin mencoba membuatnya lansung saja ikuti langkah-langkahnya :

Bahan:
150 gr tepung tapioka/ kanji
2 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sdt garam (atau sesuai selera secukupnya)
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
1/2 sdt penyedap rasa (optional)
2 batang daun bawang, potong-potong kecil
tepung tapioka untuk taburan, secukupnya

Biang:
50 gr tepung tapioka
150 ml air dingin suhu ruang

Cara membuat:
- Adonan kering: Dalam sebuah wadah besar, campur tepung tapioka/kanji, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, penyedap rasa dan daun bawang. Campur dan aduk rata, sisihkan.
- Biang: campur air dan tepung tapioka dalam sebuah panci, aduk hingga tepung larut. Nyalakan api kecil dan rebus sambil diaduk-aduk hingga biang berubah kental, liat dan bening seperti lem.
- Matikan api dan segera tuang biang ke dalam wadah ke adonan kering dalam wadah. Campur dengan spatula karena masih panas.
- Bila sudah agak hangat, uleni dengan tangan hingga tercampur rata menggunakan telapak tangan sampai rata dan menggumpal jadi satu antara biang dan adonan kering.
- Taburi tangan dengan tepung tapioka sedikit dan ambil sejumput adonan. Bentuk menjadi bulat pipih, lakukan sampai adonan habis. Supaya tidak melekat satu sama lain, taburi setiap adonan aci yang sudah dibentuk dengan tepung lagi.
- Panaskan minyak goreng. Pipihkan lagi aci jika agak menggembung, setelah minyak panas, goreng aci dengan api kecil.

Angkat dan tiriskan, sajikan selagi masih hangat dengan kecap manis atau saus. Mudah kan? Dicoba yuk!


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to " Resep Membuat Cireng, Gorengan Khas Bandung"

Post a Comment