Resep Membuat Frittata Italia


Selamat siang, enaknya siang cari inspirasi masak buat nanti malam nih?
Kita membuat Frittata saja, Frittata merupakan makanan khas Italia yang menggunakan bahan dasar yaitu telur ayam yang diolah bersama dengan berbagai macam bahan tambahan antara lain seperti kentang, potongan daging ayam, keju, pasta, daging sapi, dan sayuran. Nama frittata sendiri merupakan bahasa Italia yang jika diterjemahkan memiliki arti “telur”. Hidangan frittata juga ditemukan di dalam kuliner negara Spanyol.
Karena Frittata di Indonesia hanya ada di restoran yang mahal, gak ada salahnya kita coba membuat di rumah.
Simak resepnya ya...

Bahan – bahan :
  • 500 gram Kentang (dikupas kulitnya, dibersihkan lalu direbus dan dihaluskan)
  • 300 gram Daging ayam (direbus lalu dipotong – potong berbentuk dadu)
  • 200 gram Daun bayam (dibersihkan)
  • 2 sendok teh Minyak zaitun
  • 1/2 buah Bawang bombay (diiris – iris panjang)
  • 8 butir Bawang merah (diiris – iris tipis)
  • 1 siung Bawang putih (dihaluskan)
  • 5 butir Telur ayam
  • 1/4 sendok teh Merica bubuk
  • 1 sendok teh Garam halus
  • 1 sendok teh Oregano
Cara membuat :
  1. Mula – mula menyiapkan sebuah wajan penggorengan lalu tuangkan minyak zaitun ke dalamnya dan biarkan hingga panas dengan menggunakan api kecil,
  2. Setelah minyak zaitun panas, lalu masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan tumis sebentar saja hingga mengeluarkan aroma yang harum
  3. Kemudian masukan daun bayam ke dalam tumisan bawang putih tersebut, aduk – aduk agar bumbu meresap dan biarkan daun bayamnya hingga layu, kemudian angkat dan sisihkan.
  4. Setelah itu siapkan mangkuk kecil, masukkan telur ayam, merica, dan garam halus ke dalam mangkuk tersebut lalu kocok dan aduk – aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.
  5. Selanjutnya siapkan wajan penggorengan lagi dan tuangkan minyak zaitun secukupnya lalu tumislah bawang bombay hingga harum dan layu.
  6. Kemudian masukkan kentang yang sudah dihaluskan, merica, dan garam halus ke dalam tumisan bawang bombay, lalu aduk – aduk semua bahan hingga tercampur secara merata dengan menggunakan api kecil, masak hingga kentang agak matang, dan angkat.
  7. Berikutnya yaitu masukkan kentang yang sudah ditumis tadi ke dalam wadah yang berisi kocokan telur ayam.
  8. Lalu masukkan pula bayam yang sudah ditumis bersama dengan potongan daging ayam ke dalam wadah yang berisi kocokan telur ayam tadi.
  9. Aduk – aduk semua bahan hingga tercampur menjadi satu dan benar – benar merata.
  10. Kemudian siapkan teflon dan panaskan diatas api kecil dan tuangkan adonan frittata ke dalam teflon tersebut lalu ratakan adonan hingga menutupi seluruh permukaan teflon.
  11. Setelah itu tutup teflon dan masak adonan frittata hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  12. Jika dirasa frittata sudah matang, angkat dan berilah taburan dengan oregano yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  13. Frittata siap untuk disajikan.
Gimana? Mudah kan cara buatnya? Selamat mencoba.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep Membuat Frittata Italia"

Post a Comment