Si Hijau dengan Sejuta Manfaat

manfaat kelapa
manfaat kelapa hijau/ijo
Kelapa Hijau- Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di area pesisir pantai, Kelapa merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.
Secara alami pohon kelapa dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropis. Pohon kelapa juga dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi hingga ketinggian 1000 m dpl (diatas permukaan laut) yang mengakibatkan tumbuhan ini dalam fase pertumbuhannya menjadi sangat lamban.
Yang tidak kalah menarik adalah bahwa kandungan elektrolit pada air kelapa hampir sama dengan kandungan elektrolit pada tubuh manusia. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat Air kelapa hijau kita harus tahu terlebih dahulu mana yang tergolong kelapa hijau dan bukan kelapa hijau, nah bagaimana cara kita mengetahuinya?? Seilahkan simak artikel mengenai ciri-ciri kelapa hijau.
Kelapa Hijau merupakan minuman isotonik alami yang baik bagi kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah manusia.


Kalau pada Film “Who am I” yang diperankan oleh Jackie Chan pada saat ada orang yang terkena bisa ular dan sekarat karenanya maka Jackie Chan kemudian memberikan infuse menggunakan kelapa hijau sehingga racun yang ada dalam tubuh orang tersebut dapat dinetralisir, nah meskipun hal tersebut hanya merupakan sebuah adegan Film namun ternyata pada waktu perang pasifik pada tahun 1941-1945 air Kelapa Hijau difungsikan sebagai  pengganti transfusi plasma darurat, dialirkan secara langsung dari buahnya pada para tentara yang sedang terluka.

Yang perlu diperhatikan dan digaris bawahi adalah bahwa sekali terkena udara maka air kelapa dapat cepat kehilangan kadar nutrisi serta dapat menyebabkan sistem Fermentasi. Oleh sebab itu, setelah dikupas hendaklah segera dikonsumsi.
  1. Meredakan suhu tubuh yang panas dan melindungi pada suhu normal.
  2. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sebab air kelapa merupakan salah satu minuman isotonik alami yang seperti telahdijelaskan diatas.
  3. Menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh.
  4. Menambah metabolisme dan kekebalan tubuh karena air kelapa mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh manusia.
  5. Menurunkan berat badan dengan kalori yang rendah yang dikandungnya.
  6. Membantu membersihkan dan melancarkan saluran pencernaan.
  7. Mencegah dan mengobati diabetes, dikarenakan air kelapa memiliki kadar gula yang rendah.
  8. Menyeimbangkan ph tubuh serta mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
  9. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil. 
  10. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  11. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
  12. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.
  13. Jerawat yang susah hilang dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.
  14. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim degan cara rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
  15. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada luka.

Kelapa Hijau merupakan salah satu jenis kelapa yang sangat banyak manfaatnya bagi manusia, secara keseluruhan Kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki sejuta manfaat, mulai dari akar hingga daunnya, namun segala sesuatu itu juga ada takarannya masing-masing, terlalu banyak mengkonsumsi Buah Kelapa juga tidak bagus untuk kesehatan, tidak hanya pada Kelapa namun juga segala hal apabila berlebihan itu tidak baik. Demikian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat, wassalamualaikum.



   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Si Hijau dengan Sejuta Manfaat"

Post a Comment