Resep dan Cara Membuat Bubur Candil / Biji Salak dengan Tepung Ketan

Bubur Candil.atau sering disebut juga Bubur Biji Salak merupakan sajian tradisional yang sedap dan nikmat, diberbagai tempat bubur candil dibuat dengan beberais tepung, ada yang menggunakan tepung ketan, tepung tapioka dll.
Bubur candil ini sendiri banyak sekali kita jumpai takala menjelang dan selama bulan ramadhan karena merupakan sajian berbuka puasa yang sangat nikmat dan tentu saja kaya serat dan nutrisi.
resep bubur candil - biji salak

Jika biasanya kita membeli diluaran sana maka kali ini tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri, nah resep yang akan saya bagikan ini termasuk dalam Menu sajian Khas Bulan Ramadhan di blog Indonesia Banget
Baiklah langsung saja ini merupakan resep bubur candil berbahan tepung ketan, silahkan disimak artikel berikut :

Bahan Pembuat Candil / Biji Salak:

  • 200 gram tepung ketan
  • 175 ml air hangat
  • 1/2 sdt garam


Bahan Pembuat Bubur :

  • 800 ml air
  • 200 gram gula merah, disisir halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 gram tepung beras
  • 50 ml air untuk melarutkan tepung beras



Bahan Pembuat Kuah :

  • 250 ml santan dari 1/2 btr kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam



Cara Membuat Bubur Candil / Bubur Biji Salak:

  1. Pertama kita buat terlebih dahulu Candil/Biji Salaknya dengan cara : campurkan tepung ketan, air dan garam lalu aduk sampai rata, kemudian bentuk bulat sebesar kelereng, kita sisihkan terlebih dahulu jika sudah selesai.
  2. Lalu kita siapkan Buburnya, rebus terlebih dahulu air bersama sisiran gula merah dan daun pandan hingga mendidih, angkat lalu saring sampai bersih dan lanjutkan merebus lagi hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah masukkan bola-bola candil yang kita buat tadi kedalam rebusan gula hingga mengapung. (Jangan lupa untuk melarutkan tepung beras dan air), setelah semua candil mengapung kita masukkan larutan tepung beras sambil diaduk hingga kental dan mendidih, angkat.
  3. Terakhir persiapkan Kuah dengan cara : rebus semua bahan kuah hingga mendidih, selsesai.
  4. Penyajian Bubur Candil/Bubur Biji Salak tinggal ditambahkan dengan kuah santan, dan siap dihidangkan
Selamat Mencoba... :D


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

1 Response to "Resep dan Cara Membuat Bubur Candil / Biji Salak dengan Tepung Ketan"