Resep dan Cara Membuat Kolak Ubi Yang Sangat Nikmat + Kandungan Gizi

Meskipun Ramadhan telah sepekan kita lalui namun tidak ada salahnya jika kami share seputar kuliner / masakan khas ramadhan yang satu ini. Ubi biasanya dibulan ramadhan banyak dijadikan sebagai bahan baku Kolak, kolak ubi sangat bermanfaat bagi kesehatan karena Ubi sendiri mengandung serat dan karbohidrat yang cuup tinggi.
Bukan rahasia lagi bahwa orang Indonesia sangat menyukai makanan yang satu ini, nah seiring dengan kesibukan yang dialami oleh seseorang sehingga kita seringkali hanya membeli Kolak Ubi pada penjual-penjual dipinggir jalan, menurut saya kurang berkesan dan kita tidak tahu apa dan bagaimana cara membuat kolak ubi tersebut sehingga kesehatan,kebersihan dan kepuasannya belum terjamin.
Nah kali ini tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri kolak ubi yang tentunya akan lebih berkesan, nikmat dan terjamin kebersihannya.
Resep dan cara membuat kolak ubi ini tidak sulit kok dan sebenarnya terbilang mudah, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kolak ubi yang sedap dan nikmat. Simak resep berikut :
kolak ubi enak

Resep dan Cara Membuat Kolak Ubi :

Bahan :
250 gram ubi manis, potong dadu
250 gram kolang-kaling, rebus dulu
100 gram tape singkong
5 buah pisang raja, potong serong
2 lembar daun pandan
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
500 ml air
santan dari 1/2 buah kelapa

Cara membuat Kolak Ubi :
- Pertama rebus terlebih dahulu ubi hingga setengah matang, kemudian tambahkan kolang-kaling yang telah direbus dan diaduk hingga tercampur rata.
- Sambil diaduk kita masukan gula, garam, dan daun pandan, kemudian pisang dan tuangkan santan. Sambil tetap diaduk dan dimasak hingga matang.
- Sebelum dihidangkan kita tambahkan tape singkong terlebih dahulu dan aduk hingga rata.
- Selesai Kolak Ubi yang lezat siap dihidangkan.

Kandungan Gizi Ubi
Selain kaya serat, ubi juga mengandung banyak sekali Vitamin, salah satunya yang paling banyak adalah kandungan Vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. nah adapun kandungan lengkap dalam ubi jalar berikut adalah kalkulasinya :

Pada 65gram Ubi Jalar yang dimasak dengan cara direbus terkandung didalamnya :
Kandungan Energi  = 74 kkal
Kandungan Protein  = 0,9 gr
Kandungan Lemak  = 6,2 gr
Kandungan Karbohidrat  = 16,6 gr
Kandungan Kalsium  = 18 mg
Kandungan Fosfor  = 0 mg
Kandungan Zat Besi  = 0,4 mg
Kandungan Vitamin A  = 2328 IU
Kandungan Vitamin B1  = 0,41 mg
Kandungan Vitamin C  = 6 mg

Ternyata Ubi sangat kaya nutrisi bukan ? namun untuk sajian ramadhan tidak hanya ubi saja, ada aneka masakan kolak yang lain yang tentunya sangat patut dicoba seperti :

Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Sedap Nikmat



   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Kolak Ubi Yang Sangat Nikmat + Kandungan Gizi"

Post a Comment