Resep dan Cara Membuat Mpek-Mpek (Pempek) Asli Palembang

Mpek-mpek atau empek-empek atau Pempek merupakan makanan khas dari Kota Palembang, pasti semua orang sudah tau hal itu. Namun tidak semua orang mengentahui seperti apa sih rasa dan bentuk mpek-mpek sali Palembang karena banyak sekali yang menjual atau menyajikan mpek-mpek namun tidak seperti mpek-mpek asli palembang. 
Ciri utama yang khas dari mpek-mpek asli Palembang adalah terletak pada bahan bakunya, yang sangat kental dengan rasa ikan tenggirinya serta yang tidak kalah pentingya adalah Cuko asli Palembang. Biasanya orang hanya menggunakan cuka biasa namun Cuko palembang merupakan saus mpek-mpek yang khas dan berbeda dengan cuka mpek-mpek yang biasa dijual keliling, cara memuatnya pun berbeda jika cuko asli Palembang ditambah dengan bumbu ini dan itu serta dimasak sedemikian rupa beda halnya dengan cuka biasa yang hanya menggunakan air dengan tambahan asam dan cuka.
Untuk membuat mpek-mpek dan cuko asli palembang tidak begitu sulit kok sobat, berikut ini kami berikan resep cara membuat Pempek/Mpek-mpek Asli Palembang.
Cuko khas Palembang


Tentunya kita siapkan terlebih dahulu bahan untuk membuat Mpek-mpek Palembang.

Bahan :
½ kg daging ikan tenggiri dihaluskan hingga lembut
½ kg tepung sagu
2 butir telur
1½ sdt garam
250 cc air dingin
penyedap rasa secukupnya

Cara membuat Mpek-mpek Palembang :
- Pertama campurkan telur, garam, penyedap rasa lalu air dingin kemudian diaduk hingga rata. Selanjutnya tambahkan tepung sagu dan campur hingga merata.
- Setelah adonan jadi kita dapat membentuk mpek-mpek sesuai keinginan kita, (bisa di beri telur rebus didalamnya seperti mpek-mpek kapal selam, dll)
- Langkah selanjutnya adalah kita rebus mpek-mpek pada air mendidih hingga mengapung yang menandakan mpek-mpek matang dan siap diangkat.
- Setelah ditiriskan, untuk menyajikannya mpek-mpek kita goreng terlebih dahulu lalu di potong-potong sesuai selera dan siap dihidangkan dengan kuah Cuko.


Selain rasanya yang nikmat Pempek/Mpek-mpek palembang juga mengandung nutrisi-nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita, meskipun tidak banyak Vitamin yang terkandung namun Pempek/Mpek-mpek mengandung energi yang cukup tinggi dan kalsium yang cukup tinggi pula.

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram mpek-mpek :
Kandungan Energi  = 182 kkal Kandungan Protein  = 9,2 gr Kandungan Lemak  = 3,8 gr Kandungan Karbohidrat  = 27,8 gr Kandungan Kalsium  = 401 mg Kandungan Fosfor  = 116 mg Kandungan Zat Besi  = 2,4 mg Kandungan Vitamin A  = 13 IU Kandungan Vitamin B1  = 0,16 mg Kandungan Vitamin C  = 0 mg

Demikian Resep dan Cara Membuat Mpek-mpek khas Palembang, tidak lengkap rasanya jika membahas resep mpek-mpek namun tidak membahas Cuko Asli Palembang.
Nah berikut ini kami sajikan resep Cuko Asli Palembang, silahkan baca di artikel :

Terimakasih, selamat mencoba.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Mpek-Mpek (Pempek) Asli Palembang"

Post a Comment