Resep dan Cara Membuat Gulai Pakis Khas Padang + Kandungan Nutrisi Pakis

Halo sobat Indonesia Banget, kali ini kita akan membahas sayur yang pada pembahasan ini diolah menjadi Gulai. Hmm… kira-kira sayur apa yang dapat diolah menjadi Gulai?
Di Padang ada masakan khas yang berbahan sayur namun dimasak menjadi Gulai, adalah Gulai Pakis yang tentunya sedap dan nikmat rasanya.
Gulai yang tentunya berbahan utama santan sesuai dengan ciri khas masakan Padang kali ini dipadukan dengan Pakis, meskipun termasuk olahan sayur namun bagi penderita kolesterol dan untuk menjaga kesehatan kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebih, meskipun akibatnya jangka panjang.
Kembali kepada Pakis, pakis merupakan sayuran yang kaya akan Vitamin A dan Nutrisi lainnya sehingga baik untuk kesehatan. Diberbagai daerah ada bermacam-macam cara mengolah Pakis namun seperti apa yang telah disinggung diatas kali ini kita akan membuat sajian berbahan dasar Pakis sesuai dengan Khas Kota Padang, yaitu kita akan Memasak Gulai Pakis yang tentunya cukup sederhana langkah-langkahnya, tinggal mengikuti pada Resep dan Cara Membuat Gulai pakis yang telah kami sediakan berikut ini :
gulai pakis padang

Bahan-bahan Gulai Pakis :
- Daun pakis muda ( 6 ikat )
- Daun kemangi ( 50 gram )
- Ikan teri goreng ( 100 gram )
- Santan kelapa kental ( 200 gram )
- Santan kelapa encer ( 300 gram )
- Minyak goreng untuk menumis ( 2 sendok makan )   
- Daun kunyit ( 1 lembar )

Bumbu-bumbu Gulai Pakis :
- Bawang putih ( 4 siung )
- Bawang merah ( 8 siung )
- Cabai merah giling ( 1 sendok makan )
- Kunyit ( 1/2 ruas jari )
- Lengkuas ( 1/2 ruas jari )
- Jahe ( 1/2 ruas jari )
- Terasi secukupnya
- Garam dan penyedap rasa secukupnya
- Serai ( 1 batang )
- Asam kandis ( 2 buah )

Cara Memasak Gulai Pakis :
- Pertama terlebih dahulu kita potong-potong daun pakis muda dan daun kemangi kemudian kita cuci hingga bersih dan ditiriskan.
- Selanjutnya bawang putih kita haluskan bersama dengan bawang merah, kunyit, jahe, terasi dan tambahnkan sedikit garam sampai halus. Lalu tambahkan cabai merah giling dan aduk hingga tercampur.
- Jangan lupa pipihkan lengkuas dan serai dengan cara dikeprek.
- Setelah bahan dan bumbu kita siapkan langsung saja panaskan minyak goring untuk menumis bumbu-bumbu halus, lengkuas, serai dan asam kandis. Sambil diaduk-aduk saat menumis, jika sudah harum dan bumbu matang kita tuangkan santan encer sambil terus diaduk hingga mendidih. Pada proses ini harus tetap diaduk dengan konstan agar santan tidak pecah.
- Proses akhir kita masukan potongan daun pakis, santan kental, garam dan penyedap rasa sambil terus diaduk hingga mendidih dan matang.

- Eits…. Sebelum diangkat kita masukan daun kemangi dan teri goreng, tunggu sebentar sampai kemangi layu dan angkat lalu Gulai Pakis pun siap untuk disajikan.


Kandungan Nutrisi Pakis :
Pada 100gram daun pakis terkandung :
 Kandungan Energi  = 35 kkal
 Kandungan Protein  = 4 gr
 Kandungan Lemak  = 0,3 gr
 Kandungan Karbohidrat  = 6,4 gr
 Kandungan Kalsium  = 42 mg
 Kandungan Fosfor  = 172 mg
 Kandungan Zat Besi  = 1 mg
 Kandungan Vitamin A  = 2881 IU
 Kandungan Vitamin B1  = 0 mg
 Kandungan Vitamin C  = 30 mg
Demikian sedikit ulasan mengenai salah satu masakan Gulai yang ada di Indonesia, selain Gulai Pakis terdapat aneka gulai lain seperti :


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Gulai Pakis Khas Padang + Kandungan Nutrisi Pakis"

Post a Comment