Cara Membuat Yoghurt sederhana dan praktis

Yoghurt - salah satu olahan dari susu yang difermentasi seperti keju namun lebih sederhana dan singkat, yoghurt sendiri memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kelancaran sistem perncernaan tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.
Cara pembuatan yoghurt sendiri mengandalkan fermentasi dari bakteri baik (bakteri yang berguna bagi tubuh).
Namun demikian meskipun terbilang cukup mudah dan sederhana namun apabila tidak mengetahui bagaimana langkah-langkah dan cara membuat yoghurt maka akan sulit dan dipastikan pembuatan yoghurt tidak akan berhasil.
Jangan khawatir karena kita akan membahas mengenai langkan dan cara membuat yoghurt yang sehat dan tentunya nikmat untuk dikonsumsi. Langsung saja simak artikel kami berikut ini :

yoghurt,youghurt

Terlabih dahulu tentunya siapkan bahan dan alat untuk membuat Yoghurt: 


    1 liter susu
    1 sendok makan gula pasir
    2 sendok makan yoghurt plain(bakteri yoghurt yang masih aktif)
    Panci
    Sendok 
    Termometer
    Wadah bertutup
    Kulkas(lemari pendingin)

Adapun Langkah Untuk Membuat Yoghurt adalah sebagai berikut :

  1. Pertama panaskan susu dengan cara memasukkan ke panci, lalu letakan diatas panci lain yang berisi air yang sedang dipanaskan, aduk dan panaskan hingga suhu 85 C, atau ketika susu mulai berbuih kecil namun jika Anda meggunakan susu UHT maka langkah ini tak perlu dilakukan.
  2. Setelah itu turunkan suhu susu dengan cara merendam panci susu pada baskom berisi air es sampai suhu turun menjadi 43 C, kemudian tambahkan youghurt plain dan aduk hingga mencapai suhu ruangan, untuk memastikan youghurt plainer tercampur rata aduk menggunakan blender.
  3. Proses selanjutnya adalah tuang campuran ke dalam wadah kemudian tutup erat dengan apa saja. Dalam kondisi demikian pastikan yoghurt tetap hangat  dengan suhu sekitar 38 C, dan letakkan di tempat yang stabil. (bisa dilakukan dengan merendam wadah di dalam baskom berisi air hangat, merendam wadah yogurt dalam panci yang dihangatkan dengan api kecil, atau membungkus wadah dengan kain hangat).
  4. Setelah tujuh jam, youghurt mempunyai tekstur seperti custard dengan aroma menyerupai keju, dan mungkin juga cairan berwarna kehijauan di atasnya. Yoghurt akan semakin kental dan asam jika lebih lama didiamkan.
  5. Sebelum disajikan youghurt harus didinginkan didalam kulkas selama beberapa jam.
Nah selain yoghurt yang bisa anda buat sendiri dirumah andapun dapat membuat aneka resep makanan ini dirumah, diantaranya :

Infused Water "Air Segar dengan Potongan Buah-Buahan"

Dan lain-lain yang dapat ditemukan di Aneka Resep dan Cara Masak.
Selamat Mencoba.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

9 Responses to "Cara Membuat Yoghurt sederhana dan praktis"

  1. Untuk pertama kali membuat yoghurt diperlukan stater/yoghurt plain, bagaimana cara membuatnya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru respon gan, untuk starter bisa didapatkan atau dibeli di toko gan...

      Delete
  2. siang,, mw tanya,, yoghurt plain itu yg kaya gimna?

    ReplyDelete
  3. siang,, mw tanya.. yoghurt plain itu apa ya? :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. youghurt plain/starter itu baketri untuk pembentukan susu menjadi youghurt gan.... seperti ragi untuk membuat kedelai menjadi tempe.

      Delete
  4. Apakah bisa menggunakan susu bubuk? Jika bisa, berarti yang ini juga tidak perlu dipanaskan bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian ada yang mengatakan bisa, namun untuk mencairkan susu bubuk sebaiknya menggunakan air hangat saja (-+ 35 derajat Celcius) tidak perlu air panas....

      Delete
  5. Mantap artikelnya bikin lapar nih :)
    http://jellygamatgoldg31.com

    ReplyDelete
  6. wah bikin ngiler gan, jadi pengen buat juga nih dirumah hehe

    ReplyDelete