Manfaat dan Kandungan Cabai bagi Kesehatan

Tahukan anda ternyata dibalik rasanya yang pedas Cabai/Cabe mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, apa saja kandunagn dan manfaat cabai bagi tubuh langsung saja simak artikel dibawah ini :
kandungan dan manfaat cabai
cabai/cabe


Pada cabai merah terkandung vitamin C yang cukup besar, tidak hanya itu terdapat pula karoten (pro vitamin A). Pada cabai Kuning dan Hijau Kandungan kedua zat tersebut nampaknya tidak cukup tinggi. Berdasarkan diagram dari Direktorat Gizi Depkes RI kandungan Gizi Cabai utamanya cabai merah besar segar tiap 100 gram bahan (Capsicum Annum L) adalah :
  1. Kadar air 90,9%
  2. kalori 31,0 Kal
  3. Protein 1,0 gram
  4. Lemak 0,3 gram
  5. Karbohidrat 7,3 gram
  6. Kalsium 29,0 mgram
  7. Fosfor 24,0 mgram
  8. Besi 0,5 mgram
  9. Vitamin A 470 Sl
  10. Vitamin C 18 mgram
  11. Vitamin B1 0,05 mgram
  12. Berat yang dapat dimakan 85 %

Khasiat cabai

Di dalam cabai terdapat kandungan kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, damar, zat warna  kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, lutein, dan mineral. 
Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh cabai merah memiliki manfaat untuk membantu mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi dan tangan lemah, influenza, serta meningkatkan nafsu makan. 

Penyembuh luka, jika jari kita secara tak sengaja teriris, alternatif meredakan rasa nyeri dan pendarahan adalah dengan cabai merah. Caranya, adalah cabai merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditaburkan pada luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka, justru sebaliknya, cabai akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada. Hal tersebut disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabai merah yang dapat menghilangkan rasa sakit. 

Pereda demam tinggi Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabai merupakan solusi alternatif yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang digunakan bukan cabainya melainkan daunnya. Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan. Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

Khasiat lainnya pada cabai:
  1. Cabai dapat  meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak. 
  2. Cabai dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin  secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabai juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).
  3. Sebagai antibiotik alami. 
  4. Cabai dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang. 
  5. Cabai dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.
  6. Menurunkan kadar kolesterol 
  7. Kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan
  8. Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit
  9. Menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas 
  10. Meredakan migraine
  11. Mengobati rematik dan frostbite (jari nyeri karena kedinginan) 
  12. Daunnya bisa digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut. 
  13. Mengobati perut kembung 
  14. Membantu pembakaran kalori hingga 25%. 
  15. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh 
  16. Cabai menghasilkan vitamin C (lebih banyak daripada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak daripada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh. 
  17. kaya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.
  18. Cabai dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin. 
Nah demikian ringkasan artikel tentang khasiat dan kandungan yang terdapat pada cabai/cabe, semoga bermanfaat.

   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Manfaat dan Kandungan Cabai bagi Kesehatan"

Post a Comment