Cara Membuat Cimol Enak

Resep Cimol
Cara Membuat Cimol
Cara Membuat Cimol- Cimol, apa sih cimol….?? Kalau anak kecil yang ditanya pasti tau apa itu Cimol, namun orang dewasa kebanyakan belum tau apa itu cimol. Cimol merupakan makanan/cemilan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji. 

Mengenai penjelasan lebih lanjut tentang Apa Itu Cimol berikut adalah petikan dari WikipediaCimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat.
Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat”.Sumber Wikipedia

Nah bagi ibu-ibu yang anaknya sangat doyan dengan jajanan yang satu ini akan lebih aman jika kita sendiri yang membuatkannya karena jajanan di luaran belum tentu higienis dan aman dikonsumsi bagi putra-putri., adapun Resep Cara Membuat Cimol yang tidak kalah enanya dengan yang dijual di luaran adalah sebagai berikut :

Bahan :
  • Tepung kanji atau sagu 1200 gram
  • Tepung beras 12 sendok makan
  • Tepung terigu 8 sendok makan
  • Baking soda 3 sendok makan
  • Merica 1 sendok teh, atau sesuai selera
  • Garam dan penyedap secukupnya
  • Air Panas secukupnya

Cara Membuat : 
  1. Pertama, siapkan wadah untuk mencampur bahan cimol kemudian campur semua bahan tersebut hingga benar-benar merata.
  2. Selanjutnya, masukkan air panas sedikit demi sedikit sampai campuran bahan-bahan tersebut bisa membentuk adonan kalis (kenyal/pulen dalam Bahasa Jawa) karena menggunakan air panas maka aduklah menggunakan spatula atau sendok.
  3. Setelah adonan siap saatnya cimol dibentuk, umumnya cimol berbentuk bulatan kecil sebesar kelereng, namun kita dapat membentuknya sesuka hati asalkan tidak terlelu besar karena nantinya akan susah matang.
  4. Cimol selesai dibentuk artinya siap untuk digoreng, nah menggoreng cimol jangan menggunakan api yag besar cukup menggunakan api yang sedang saja, tandanya cimol sudah matang adalah akan mengambang pada minyak namun jangan langsung diangkat, tunggu beberapa menit sambil diaduk aduk, setelah itu angkat dan tiriskan. 
  5. Cimol sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat bersama dengan saus atau taburan bubuk cabe, bumbu serbuk dan lain-lain sesuai selera Anda.


Bagaimana, mudah bukan Resep Cara Membuat Cimol Enak?

Selamat Mencoba.




   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Cara Membuat Cimol Enak"

Post a Comment