Tips Mengolah Ikan Bakar

Cara mengolah ikan
Ikan Segar
Tips kali ini adalah bagaimana Membuat Ikan Bakar yang baik dan benar, ketika kita membuat ikan bakar seringkali daging ikan menempel pada panggangan dan menyebabkannya hancur dan berbagai hal yang belum kita ketahui sehingga membuat Ikan Bakar yang kita sajikan kurang memuaskan, nah berikut ini adalah tips-tipsnya silahkan disimak.



Tips 1. Memilih Ikan

  • Ikan yang diguanakan sangat dianjurkan untuk menggunakan Ikan segar, cara mengetahui ikan masih segar atau tidak dapat dilihat dari cirri-ciri berikut ini : warna insang yang masih merah, menandakan bahwa ikan masih segar. Daging ikan yang kenyal, saat di tekan maka akan kembali kebentuk semula. Serta bau ikan yang masih segar.
  • Disamping cara memilih ikan, cara membersihkan ikan juga mempengaruhi cita rasa Ikan Bakar itu sendiri, cara membersihkan ikan adalah dengan cara berhati-hati saat mengeluarkan jerohan(isi perut) ikan, jangan sampai ada bagian hitam yang pecah atau tertinggal karna bagian ini dapat menjadikan daging ikan menjadi pahit, cuci bersih dan pastikan bagian perut ikan benar-benar bersih.

Tips 2. Membakar Ikan
  • Memasak ikan bakar harus cepat selain agar dagingnya tidak hancur juga untuk menjaga rasa segar pada ikan, dan biasanya Ikan Bakar telah dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar sehingga untuk membakarnya tidak perlu terlalu lama.
  • Cara penempatan ikan saat dibakar pun tidak boleh asal-asalan, tempatkan ikan sedikit dibagian tepi panggangan, jangan ditengah panggangan karena akan mengakibatkan cepat gosong (bukan matang).
  • Untuk menghindari ikan lengket pada saat dipanggang maka lumuri ikan dengan sedikit minyak zaitun.
  • Berhati hatilah ketika membakar ikan, karena ikan memiliki tekstur yang lembut sehingga sedikit goncangan mungkin dapat membuatnya menjadi hancur, jadi saat membalik ikan supaya berhati-hati(berhati-hati tidak harus pelan).
  • Penambahan jeruk lemon dapat dilakukan untuk memberikan rasa yang sedap pada ikan, jeruk lemon dapat diberikan usai ikan dibersihkan (dapat menghilangkan bau amis ikan) dan pada bumbu dapat ditambahkan sebagai tambahan rasa segar.
  • Merendam ikan selama 1-2 jam sebelum dibakar dapat memberikan rasa segar pada ikan ketika telah matang.

Tips 3. Panggangan / Bara Api
  • Terlebih dahulu panaskan panggangan selama + 10 menit baru ikan diletakkan diatas panggangan, untuk bara api terlebih dahulu pastikan arang yang digunakan benar-benar telah menjadi bara sebelum ikan dibakar.
  • waktu untuk memanggang ikan ini bervariasi, tergantung pada ketebalannya namun biasanya ikan cukup dibakar selama 5 menit saja.
  • Terakhir, agar menyantap ikan bakar lebih nikmat dapat ditambahakan dengan lalapan.
Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih

Selamat Mencoba


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Tips Mengolah Ikan Bakar"

Post a Comment