Resep Cara Membuat Kue Donat Empuk

donat empuk
donat
Donat, siapa sih yang tidak kenal donat?? Hampir setiap orang suka dan pernah mencoba kue yang satu ini karena memang sangat mudah untuk dijumpai di toko-toko kue maupun di pasar. 
Bicara tentang Donat jadi mengingatkan saya dengan lagunya Joshua kecil dulu “bunder-bunder bolong tengahe, namanya kue donat” yak… donat adalah kue yang bentuknya sangat khas yakni menyerupai cincin namun dalam ukuran yang lebih besar. 
Kalau jaman mimin kecil dulu donatnya dibelikan oleh ibu di pasar tradisional yang hanya diberi tambahan gula halus, namun
sekarang kita bisa menjumpai Kue Donat dengan aneka topping/tambahan, ada keju, coklat, kacang, meses, dll. Tekstur donat yang nikmat yang disukai oleh banyak orang adalah donat yang ngembang dan empuk, namun tidak sedikit pula yang membuat donat tetapi gagal (bantet dan kurang empuk).
Nah disini kami akan sedikit memberikan Resep Cara Membuat Kue Donat Yang Empuk yang tentunya tidak terlalu sulit untuk kita praktekan sendiri dirumah. Seperti biasa jangan lupa untuk persiapan terlebih dahulu dan simak instruksinya dengan benar. Langsung saja silahkan disimak Resep Cara membuat Kue Donat Empuk sebagai berikut :

Bahan :
  • 300 gram tepung terigu 
  • Ragi instan 4-5 gram (kira-kira 1/2 sendok teh) 
  • 3 kuning telur ayam 
  • 2 sdm margarin 
  • 150 ml susu cair 
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Olesan:
  • 100 gr cokelat yang dilelehkan 
  • 100 g meses/keju parut/kacang (sesuai selera)

Cara membuat :
  1. Pertama campurlah tepung terigu dan ragi dan diaduk, 
  2. Lalu masukkan telur dan maragarin sambil terus diaduk sampai merata 
  3. Selanjutnya tuang susu sedikit demi sedikit sambil tetap diuleni hingga tercampur rata. 
  4. Langkah selanjutnya adalah pembentukan adonan, bentuk adonan menjadi bulat kemudian letakkan di tempat yang hangat selama kurang lebih 45 menit sampai mengembang, 
  5. Sambil menunggu hingga adonan tadi mengembang siapkan bahan untuk olesan (bisa menggunakan coklat kacang, atau ditaburi keju parut, atau lelehan coklat) 
  6. Setelah adonan mengembang 2 kali lipat dari sebelumnya ambil adonan lalu dibagi menjadi 12 bagian, masing-masing dibentuk dengan tangan membentuk bulat dan dilubangi tengahnya (seperti bentuk donat namun baru adonan saja), 
  7. Sebelum digoreng terlebih dahulu letakkan di loyang yang telah di olesi minyak dan diamkan selama 10 menit sampai mengembang. 
  8. Yang paling penting pada saat menggoreng adalah menggunakan api yang kecil. Siapkan minyak lalu panaskan dalam wajan di atas api kecil lalu goreng donat hingga berubah warna menjadi kecokelatan dan Nampak matang, 
  9. Setelah dirasa matang angkat dan tiriskan donat. 
  10. Terakhir tambahkan olesan coklat yang telah dicairkan kemudian taburi kacang/meses atau apa saja sesuai selera.

Nah demikian resep donat empuk yang saya sajikan, jangan lupa share artikelnya dan sepertinya tidak ada salahnya jika kita mencoba variasi donat lain seperti Donat Ubi Ungu yang Enak berikut ini. 
Selamat Mencoba


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

4 Responses to "Resep Cara Membuat Kue Donat Empuk"