Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo Nikmat

Indonesia sangat terkenal dengan kelezatan kulinernya. Kelezatan tersebut dibuktikan oleh banyaknya wisatawan yang menyukai masakan Indonesia. Apalagi masakan khas Solo yang terkenal dengan kelezatan dan keempukannya tak lain adalah Ayam Bakar khas Solo. Kedai ayam bakar ini sangat ramai dikunjungi wisata sebab tekstur ayamnya sangat lembut dan bumbunya juga meresap sampai detulangnya.
ayam bakar khas solo

Tidak kah anda ingin mencoba untuk membuatnya? Yuk kita intip resep rahasia yang menjadikan ayam bakar ini lembut, empuk dan lezat serta cara pembuatannya. Berikut resep kelezatan ayam bakar khas wong Solo, pertama – tama anda harus menyiapkan bahan – bahan pokok seperti :

- seekor ayam berukuran sedang yang sudang dipotong menjadi 6-8 bagian sesuai selera anda,
- 2 buah batang sereh,
- 4 lembar daun salam,
- 4 cm lengkuas,
- 1 sendok makan air asam jawa,
- 35 gram gula jawa,
- kecap manis dan
- 500 ml air kelapa.

Setelah semua bahan – bahan tersedia sekarang saat anda mempersiapkan bumbu – bumbunya yang meliputi  :

12 buah bawang merah,
5 siaung bawang putih,
4 cm kunyit,
3 cm jahe,
6 butir kemiri,
¼ sendok the jinten,
1 sendok the ketumbar dan
½ sdm garam (sesuai selera).
Bumbu – bumbh tersebut ditumbuk sampai halus.

Bahan dan bumbu sudah siap sekarang mulai memasak.
Hal pertama yang anda lakukan adalah kasih sedikit minyak diatas wajan lalu panaskan wajan diatas kompor dengan nyala api sedang dan masukkan bumbu yang sudah anda tumnbuk halus kedalam wajan jangan lupa masukkan juga daun salam, sereh yang sudah digeprek dan lengkuas yang sudah dimemarkan tumis bumbu hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma yang sedap. Setelah bumbu matang proses selanjutnya ialah masukkan ayam sudah dipotong sambil diaduk biar bumbu merata setelah itu masukkan air asam jawa, kecam manis serta gula merah sambil diaduk tuangkan air kelapa perlahan – lahan dan masak sampai tekstur daging ayam berubah menjadi matang dan lunak. Setah ayam matang angkat dan pisangkan kuahnya, sebab kuahnya akan dijadikan olesan saat membakarnya.
Tahap selanjutnya panggang ikan yang sudah dimasak diatas bara api yang sedang sampai ayam berubah warna menjadi kecoklatan lalu lumuri ayam dengan sisa kuah yang tadi dipisahkan terus bakar kembali hingga menajdi matang sempurna kemudian angkat. Lalu sajikan diatas piring dilengkapi daun selada, potongan mentimun dan juga sambal. Hmmmm,,, jadi laper.

Selain Ayam Bakar Khas Solo, ada juga masakan bakar lain yang tidak kalah nikmatnya diantaranya : 
Serta masih banyak resep masakan bakar lainnya yang dapat dipraktekan, tinggal anda cari di kolom search dibagian atas dengan kata kunci "bakar", semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dirumah.



   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Khas Solo Nikmat"

Post a Comment