Resep dan Cara Membuat Ikan Patin Bakar Mudah, Sederhana dan Lezat

Masakan ikan bakar memang menjadi khas kuliner Indonesia. Salah satu kuliner khas Indonesia ini adalah ikan bakar patin. Ikan patin memiliki kelezatan yang luar biasa serta terkandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Ikan patin sangat cocok dimasak dengan dibakar, sebab dengan dibakar bumbunya akan lebih meresap hingga keseluruh tekstur daging ikan patin. Untuk mendapatkan kenikmatan ikan bakar patin yang lezat anda harus perhatikan setiap tahap pemasakannya.
Ikan terkenal dengan bauh amisnya, untuk mengantisipasi keamisan itu anda harus membersikan ikan terebih dahulu sebelum dimasak, untuk menghilangkan bauh amisnya anda bisa mencucinya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis.
Sebelum anda memasak anda harus mempersiapka bumbu serta peralatan yang akan digunakan untuk memasak. Anda penasaran dengan kelezatan Ikan Patin Bakar? Disini saya akan menguak resep kelezatan Ikan Patin Bakar.
Pertama – tama anda persiapkan ikan patin ya yang sudah anda bersikan serta disayat – sayat bagian tubuh ikan agar bumbu lebih meresap, setelah itu anda siapkan bumbu – bumbu yang akan digunakan untuk melumuri ikan sebelum dibakar.
Ikan bakar patin
Ikan Patin Bakar

Bahan – bahan yang diperlukan diantaranya :

  • 15 buah kemiri, 
  • 8 buah bawang merah, 
  • 6 siung bawang putih, 
  • 1 buah kunyit, 
  • satu sendok makan ketumbar, 
  • garam, 
  • gula 
  • dan juga minyak goreng. 
Bahan – bahan tersebut anda tumbuk hingga halus dan beri campuran sedikit minyak goreng untuk mencampurnya. Sesudah itu anda bisa langsung melumurkan bumbu tersebut keseluruh bagian ikan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu lebih meresap. Sembari menunggu bumbu meresap anda bisa mempersiakan bahan olesan untuk ikan bakar diantaranya kecap manis dan mentega, jika anda tidak suka mentega anda bisa menggunkan minyak goreng. Bumbu pelumasan sudah siap sekarang anda tinggal mempersiapkan peralatan untuk membakarnya. Semua sudah siap sekarang anda bisa memulai membakar ikannya. taruh ikan diatas panggrangan lalu lumiri ikan dengan sisa bumbu pelumuran tadi lalu taruh panggrangan diatas bara api, ingat api jangan terlalu besar agar ikan bisa matang sempurna dan tidak gosong. Setelah ikan sudah hampir matang anda bisa mengolesi ikan dengan bahan olesan yang sudah disiapkan setelah itu bilak balik ikan agar matangnya merata. Ikan bakar dikatakan matang ketika warnya sudah berubah menjadi coklat kehitaman dan siap untuk dihidangkan.
Aroma lezat Ikan Patin Bakar sungguh menggoda iman, nah sebelum mencoba untuk membuatnya ada baiknya jika kita simak artikel tentang Tips Mengolah Ikan Bakar serta Cara Membuat Ikan Bakar agar menu Ikan Patin Bakar yang kita sajikan terasa nikmat. Selamat mencoba :)



   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Ikan Patin Bakar Mudah, Sederhana dan Lezat"

Post a Comment