Resep dan Cara Membuat Lontong Balap Surabaya

Aneka Resep dan Cara Masak - Kali ini kita akan mengupas tentang balap... wah resep kok sampai ke Balap ?? Eits.... jangan khawatir Balap disini bukan balap di lintasan melainkan Balapnya si Lontong alias Lontong Balap yang merupakan kuliner khas dari kota Surabaya. Soal rasa tentu saja menggoyang lidah dan sangat nikmat tentu saja, namun bagaimana cara membuatnya ? pastinya kita sudah penasaran dan ingin mencobanya bukan ?
Untuk membuat Lontong Balap Surabaya tidak terlalu sulit kok sobat, silahkan simak dan praktekan Resep dan Cara Membuat Lontong Balap Surabaya berikut ini :
resep lontong balap surabaya
lontong balap surabaya
Bahan Lontong Balap Surabaya :
150 gram toge rebus.
Kerupuk / emping sesuai selera.
Minyak untuk menggoreng secukupnya.
lontong secukupnya, di iris sesuai selera.
150 gram tahu goreng sebagai pelengkap (dibumbuin dengan air garam sebelum digoreng)

Bahan dan Bumbu Lentonya :
250 gram singkong parut.
1 batang irisan daun bawang.
2 siung bawang putih.
½ sdt ketumbar, disangrai.
1 cm kunyit.
1 cm kencur.
1 lembar daun jeruk purut.
½ sdt garam atau sesuai selera.

Bahan dan Bumbu Kuahnya :
250 gram tetelan daging.
6 siung bawang putih yang telah digoreng dan dihaluskan.
½ sdt merica bubuk.
1 batang daun bawang, diiris tipis dan ditumis.
1,5 liter air.

Bahan untuk sambal petis :
5 cabai merah rebus yang dihaluskan.
8 buah cabai rawit rebus yang dihaluskan.
2 sendok makan petis udang.
¼ sendok teh garam atau secukupnya.
2 sendok makan air panas.
1 sendok makan perasan air jeruk.


Cara Membuat Lontong Balap Surabaya:

Pertama kita siapkan Kuahnya terlebih dahulu dengan cara: rebus tetelan daging didalam air hingga empuk kemudian angkat lalu potong dadu. Setelah dipotong-potong masukan kembali dalam kuah kaldu rebusan daging yang tadi di tambah dengan semua bumbu kuah, biarkan hingga bumbu meresap, sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kita buat Lentonya dengan cara : haluskan bumbu lento (kecuali daun bawang), lalu campur dengan singkong parut dan barulah ditambah irisan daun bawang lalu aduk rata, setelah rata kita bentuk lentonya bulat panjang kemudian digoreng dengan api sedang sampai warnanya kecoklatan, angkat, tiriskan. (Potong lento sesuai selera).

Kemudian Sambal Petis, untuk membuatnya kita campur semua bahan sambal hingga rata, sisihkan.

Terakhir kita sajikan Lontong Balap dengan cara : Susun lontong di atas mangkuk saji, tambahkan tahu, lento, dan toge, lalu siram dengan kauh dan daging. Taburi dengan bawang goreng.
Hidangkan dengan sambal petis dan kerupuk/emping.

Silahkan dicoba Resep dan Cara Membuat Lontong Balap Surabaya nya, jangan lupa untuk mencoba resep lainnya seperti : Cara Membuat Gado-Gado sederhana sedap nikmatCara Membuat Nasi Goreng Spesial PraktisResep Cara Membuat Mie Ayam Bakar KejuResep Cara Membuat Mie Ayam Ceker-Lezat Nikmat, dan masih banyak lagi resep masakan yang lain di directori resep "Aneka Masakan" yang ada di Aneka Resep dan Cara Masak. Semoga Bermanfaat ^_^


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Lontong Balap Surabaya"

Post a Comment