Makanan Khas Indonesia, Soto Medan


Siapa yang tak kenal dengan masakan Indonesia satu ini, Soto. Soto memang sudah dikenal hingga mancanegara, varian soto pun berbeda dari tempat ke tempat lain. Adan yang soto dengan kuah bening ada juga yang berkuah kental.

Nah pada hari ini admin akan mencoba resep Soto dari Medan. Penasaran kan bagaimana rasanya? Mari kita siapkan bahan dan ikuti langkahnya :

Bahan-bahan soto:

1 ekor ayam, potong jadi 2 bagian
2 lembar daun salam
2 ruas lengkuas, memarkan
4 batang serai, memarkan
4 batang daun bawang, potong-potong
garam secukupnya
1,5 liter santan encer
500 ml santan kental
minyak untuk menumis

Bumbu halus:
12 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1/2 sdt jintan
1 sdm ketumbar
3 ruas kunyit
1 sdt merica
2 ruas jahe

Cara membuat:

- Panaskan minyak dan tumis bumbu halus dalam panci. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai hingga harum lalu masukkan ayam serta aduk dan masak hingga terlihat berubah warna.
- Masukkan santan encer 500 ml atau hingga ayam terendam. Tambahkan garam sesuai selera, masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Angkat ayam dan sisihkan.
- Tuang sisa santan encer. Masak hingga mendidih dan masukkan santan kental dan daun bawang, masak lagi hingga mendidih dan aduk-aduk agar santan tidak pecah.
- Soto medan memiliki kuah yang agak kental, jangan lupa goreng ayam hingga kering dan suwir-suwir.

Nah Soto Medan siap disajikan dengan nasi dan suwiran ayam di atasnya. Sobat bisa gunakan bahan pelengkap seperti telur rebus, kentang rebus, tomat yang dipotong-potong, emping goreng atau kerupuk dan bawang goreng agar lebih segar.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to " Makanan Khas Indonesia, Soto Medan"

Post a Comment