#SerbaSambal Sambel kemangi Nan Menyehatkan


Manfaat Kemangi 

  1. Pencegahan komedo Caranya, ambil daun Kemangi, lalu cuci hingga besih, lalu haluskan daun Kemangi. Gunakan ramuan itu ke wajah yang berkomedo. Biarkan saja menempel di wajah, kalau bisa selama 20 menit (atau lebih) agar kandungan meresap ke kulit secara maksimal. Setelah itu, baru bersihkan wajah menggunakan air hangat. 
  2. Konsumsi daun kemangi juga membantu membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah, karena fungsinya yang memurnikan darah dan menghilangkan racun dari dalam tubuh, hingga membantu menyembuhkan masalah kulit. 
  3. Mencegah rambut beruban Untuk membuat ramuannya: pertama-tama rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalaman, lalu cuci rambut dengan ramuan ini pada keesokan harinya. Manfaatnya mencegah rambut beruban hingga rontok.
  4. Mencegah rambut rontok Rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi karena gatal di kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut, kemudian dioleskan pada kulit kepala bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan juga menguatkan rambut. 
  5. Mencerahkan kulit kusamUntuk mencerahkan kulit kusam, bisa dengan  menggunakan bubuk daun kemangi, atau membuatnya dengan cara menghaluskan daun kemangi yang masih segar. Yang nanntinya digunakan sebagai masker alami secara rutin. Anda bisa mencampurkan madu di dalam daun kemangi untuk mendapatkan hasil maksimal. 
  6. Obat alami untuk ketombe Untuk mengatasi dan mencegah ketombe dan rambut rontok, ramuannya: campur beberapa tetes minyak kemangi dengan minyak kelapa. Hangatkan campuran, lalu pijat dengan lembut ke kulit kepala Anda. Kalau bisa, disarankan dilakukan sebelum tidur, biarkan semalaman dan cuci rambut, lalu sampo saat mandi. 
  7. Manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa gatal, dan membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala. 
  8. Anti Aging Zat antioksidan di dalam kemangi berkhasiat untuk melindungi kulit dan tubuh dari bahaya serangan radikal bebas, efek buruk radikal bebas ini semakin parah dengan semakin banyaknya polusi di lingkungan hidup. Kandungan antioksidan menjaga kulit agar tidak dimasuki zat asing berbahaya, serta mencegah penuaan dini. 
  9. Kesehatan gigi dan mulut Kemangi menjadi obat herbal yang populer untuk mengobati gigi dan mulut. Sifat antibakteri dari kemangi mampu menghancurkan bakteri merusak di dalam mulut, yang manfaatnya untuk mencegah penyakit gigi dan mulut. Juga membuat gusi lebih kuat dan mempercepat penyembuhan ulkus. 
  10. Mengobati rasa gatal akibat gigitan serangga Rasa gatal setelah gigitan serangga dapat diredakan dengan daun kemangi. Caranya: siapkan daun kemangi yang masih segar dan bersih, lalu hancurkan daun, lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal. Diamkan selama beberapa menit, membeirkan manfaat untuk mengatasi rasa gatal. 

Resep Sambel kemangi
Bahan-bahan    
  1. 3 buah tomat
  2. 1 bungkus terasi sachet (bakar)
  3. 2 siung bawang putih
  4. 5 bawang merah
  5. 15  buah cabe rawit
  6. 6 buah cabe keriting
  7. penyedap rasa
  8. 1 ikat kemangi
  9. Garam
  10. Gula jawa

Langkah              
  1. Goreng goreng cabai,tomat,dan bawang 
  2. Uleg semua bahan sampai halus 
  3. Tambahkan gula,garam,penyedap dan trasi yang sudah dibakar
  4. Tes rasa 
  5. Masukkan kemangi lalu goreng sebentar
  6. Sambal siap disajikan 






   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "#SerbaSambal Sambel kemangi Nan Menyehatkan "

Post a Comment