Cara Membuat Tape Ketan

Salah satu jenis sajian yang sangat khas dan memiliki rasa manis yang super lezat dan nikmat adalah tape ketan. Sajian ini biasanya ada pada beberapa acara tradisional dan tidak di jual belikan secara umum karena saat ini sudah jarang sekali ada pedagang yang menjajakan tape ketan, hal tersebut di karenakan tape ketan tidak dapat tahan lama dan cara membuat tape ketan juga tidak mudah.

Jika hanya membuatnya saja mungkin memang benar terlihat mudah dan sederhana namun ketetapan rasa yang membuat tape ini berkualitas atau tidak, tidak banyak orang yang mencoba membuat tape dengan rasa yang manis dan juga lembut. Karena cara pembuatan tape ketan menggunakan ragi maka takaran antara ragi dengan tape harus pas dan sesuai, Selain itu hal yang harus di perhatikan yaitu takaran air kemudian butuh ketelitian dan tidak dapat sembarangan dalam membuat tape ketan. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, maka berikut informasi untuk takaran bahan.

Bahan Utama   :

  • Beras ketan hitam 1 kg
  • Daun pisang
  • Air bersih 4 gelas
  • Ragi 4 butir
  • Gula pasir 4 sendok makan

Cara Membuat  :


  1. Cuci beras ketan hitam hingga benar benar bersih.
  2. Rendam beras ketan hitam dengan menggunakan air bersih dalam waktu semalam.
  3. Setelah di rendam selama sehari, ketan di tiriskan kemudian di kukus hingga menjadi setengah matang.
  4. Tuangkan 2 air panas ke dalam kukusan ketan dan di aduk hingga merata kemudian tunggu hingga kukusan menjadi matang.
  5. Apabila ketan sudah matang maka tiriskan dan letakkan ke dalam nampan besar lalu di ratakan kemudian biarkan dingin dan haluskan raginya.
  6. Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian gunakan daun pisang sebagai alasnya, tata daun hingga rapi dan hingga menutupi semua permukaan wadah.
  7. Masukkan ketan hitam sebagai lapisan pertama kemudian ratakan lalu tambahkan dengan gula halus atau kastor di bagian atasnya.
  8. Masukkan kembali ketan hitam sebagai lapisan kedua lalu tambahkan lagi dengan gula halus dan langkah ini di teruskan hingga lapisan ketan yang ketiga atau keempat.
  9. Tutup permukaan ketan paling atas dengan menggunakan daun pisang dan tutup wadah hingga rapat lalu letakkan pada tempat yang hangat kemudian diamkan ketan dalam waktu 3 hari 2 malam.
  10. Jika waktu sudah selesai maka tape ketan hitam dapat langsung di buka dan tape sudah dapat di hidangkan atau dapat langsung di santap.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Cara Membuat Tape Ketan"

Post a Comment