Manisan Kolang Kaling

Bahan-bahan Manisan :

  • Kolang kaling 250 gram ( basuh bersih, dengan perasaan air jeruk nipis, atau di basuh bersama daun bambu atau daun pisang juga boleh, ini bertujuan biar kolang kaling bersih dan keset )
  • Gula pasir 1 gelas kecil / gelas belimbing
  • Air 1/2 liter / 500 mili liter
  • Sirup marjan pandan hijau, merah atau sirup abc jeruk orange 1 gelas kecil
  • Vanila powder 1/2 sendok teh
  • Daun pandan 3 lembar
  • Kayu manis 2 batang

Langkah:

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan, lalu masukan semua materi kedalam panci. 
  2. Selanjutnya rebus dan aduk-aduk semua materi sampai mendidih, matang dan empuk.
  3. Setelah matang manisan kolang kaling pun siap dinikmati dengan di gado, diberi es watu atau di simpan ke lemari es biar dingin. Nyamm!!

Hasil kolang kaling dengan proses di atas rasanya sangat enak dan pas. Hanya saja sedikit agak lengket alasannya yaitu tidak direndam dengan air bekas cuciab beras. Bagi anda yang ingin membuat manisan kolang kaling lembap ini kami sarankan untuk merendam kolang kaling dengan air bekas cucian beras selama semalaman terlebih dahulu. Dengan cara dan tips mudah sederhana ini hasil kolang kaling pun akan enak, keset dan tidak berlendir.

Kunci sukses membuat manisan buah kolang-kaling lembap yaitu usahakan pilihlah kolang kaling yang masih lingkaran utuh, warnanya bening transparan, tidak berlendir, rasanya netral, tidak berbau dan tidak terlalu lembek namun tidak terlalu keras juga. Kolang kaling jelek yaitu kolang kaling yang sudah layu dengan tanda pinggirannya yang putih alasannya yaitu direndam terlalu lama oleh penjual.

Kolang kaling kualitas buruk jikalau dipegang terasa lembek dan aroma asamnya sangat kuat. Kolang kaling menyerupai ini jikalau dimakan atau di olah menjadi manisan rasanya sangat dan asam.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Manisan Kolang Kaling"

Post a Comment