Gurame Goreng Terbang



Saat Anda berkunjung ke rumah makan yang menyajikan masakan sunda atau sejenisnya, lauk apa yang umumnya Anda pesan? Sebagai lauk yang berasal dari makanan laut, mayoritas keluarga akan memilih ikan sebagai santapan mereka. Salah satu ikan yang banyak dipilih keluarga adalah gurame. Gurame goreng kering merupakan salah satu di antaranya. Selain karena rasanya yang garing, hal ikan gurame goreng tidak memiliki bau amis seperti kebanyakan jenis ikan lainnya. Namun, beberapa orang ada yang mengatakan gurame memiliki bau tanah karena berasal dari tempat ikan ini dikembangbiakkan. Akan tetapi mereka yang membawa anak kecil umumnya akan menyukai gurame goreng ini. Dipadukan dengan sambal yang sangat khas dari masakan sunda, menu yang satu ini menjadi sangat spesial untuk disantap. Bahkan hingga ekornya pun lahap digigit penggemarnya. Mintalah buah hati Anda untuk berhati-hati kala memakan bagian ekor atau sirip ikan gurame ini. Untuk Anda yang ingin menyajikan gurame di dapur pribadi, Anda dapat menambahkan sambal kecap yang juga tidak kalah menggiurkan untuk disantap bersama gurame ini. Hal yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan minyak goreng yang harus merendam keseluruhan daging ikan sehingga gurame ini benar-benar dimasak dengan kering. Jika ada bagian yang kurang terendam, akan menyebabkan kelembekkan di bagian tersebut.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan gurame
  • 3 buah jeruk nipis
  • Selada secukupnya (pelengkap)
  • Tomat dan ketimun (pelengkap)
  • Sambal terasi atau sambal kecap (tambahan)
  •  hingga 2 L minyak goreng


Cara Membuat

  1. Bersihkan ikan gurame dari segala sisik dan kotorannya.
  2. Peras 2 buah jeruk nipis untuk melumuri ikan gurame mentah. Diamkan beberapa saat.
  3. Tuang minyak dalam penggorengan. Goreng ikan gurame dalam minyak panas. Usahakan seluruh tubuh ikan terendam minyak hingga berwarna kecoklatan.
  4. Susun daun selada di piring saji.
  5. Angkat dan tiriskan ikan gurame goreng. Letakkan di atas daun selada.
  6. Tambahkan irisan tomat dan ketimun. Sajikan bersamaan dengan sambal.


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to "Gurame Goreng Terbang"

Post a Comment