Cara Mudah Membuat Waffle Ice Cream

sebelumnya saya akan mengulas tentang macam-macam waffle dan asal daerahnya Sejarah asal usul mulanya kue wafel (waffle) dan wafer (biskuit) memiliki akar etimologis yang sama. Wafre atauwafer berasal dari Inggris pada tahun 1377 yang diadopsi dari wafel Jerman Tengah, dimana huruf L berubah menjadi R. Wafel Belanda, Gauffre Perancis dan Waffel Jerman semua mengarah kepada kue yang sama.

Wafel yang sering kita lihat sekarang yang dijual-jual di toko wafel atau restoran USA ala amerika disebut Wafel modern, dimana ide pemanggangan menggunakan dua pelat logam yang dihubungkan dengan engsel sama seperti kue wafer yang tipis dan bermotif kotak-kotak.
Menurut blog torinagaanugroho.blogspot.co.id Macam-macam jenis kumpulan kue wafel (waffle) yang ada di dunia , diantaranya :
 
Macam-macam jenis wafel khas negara-negara terkemuka di dunia. Semua memiliki bahan dasar adonan yang sama namun bentuk penyajian dan cetakan yang berbeda. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah Wafel Amerika, Belgian waffles, The Liège waffle, Grid biscuit of Hong Kong, Pandan waffles, Brunost of Norway, Rhubarb waffle of Ireland, Våffel of Sweden, dan Stroopwafel of Dutch.
Wafel Amerika memiliki banyak variasi namun paling sering dibuat menggunakan adonan beragi dengan baking powder. Sebagian besar wafel tersebut berasa manis, namun juga ditemukan di selatan Amerika Serikat, menggunakan makanan gurih seperti ayam goreng.

Wafel Amerika
Wafel Belgia disajikan dalam bentuk taburan gula diatasnya dengan kuantitas yang lebih kecil dibanding Wafel Amerika. Sementara Wafel Liège yang berasal dari kota dengan nama yang sama, di bagian timur Belgia memiliki ciri khas wafel padat, sangat manis dan renyah. Wafel ini diciptakan oleh seorang koki dari Pangeran Liège d abad ke-18 dan merupakan adaptasi dari adonan roti brîoche.

Wafel Liège Hongkong
Kue grid dari Hong Kong merupakan wafel hangat yang berbentuk bundar dan dibagi empat potongan. Biasanya banyak ditemukan di pedagang kaki lima. Mereka menambahkan mentega, kacang atau gula manis disisi wafel. Umumnya, lebih lembut dibandingkan wafel dari Eropa dan didominasi warna kuning yang merupakan warna tradisional Hong Kong.

Wafel Pandan Vietnam
Wafel Pandan dari Vietnam merupakan salah satu yang unik karena menggunakan santan dalam adonan kue. Wafel ini lebih mirip kue pandan dari Indonesia dan biasanya tidak perlu ditambahkan topping.

Wafel Brunost Norwegia
Wafel brunost dari Norwegia dan Wafel rhubarb dari Islandia dinamakan sesuai topping yang diberikan. Brunost dan Rhubarb merupakan dua selai yang populer di kedua negara.

Wafel Stroopwafel Belanda
Stroopwafel dari Belanda adalah wafel tipis diisi sirup manis. Adonan dasar kaku dari tepung, ragi, dan susu dibentuk dan dipotong ketika masih hangat kemudian diisi sirup.
Berikut resepi waffle ice cream sajian sedap istimewa lengkap bikin sendiri kue wafel dengan kreasi topping es krim yang lezat di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

 

Resep mudah membuat waffle es krim

Bahan Waffle :

  1. 1 3/4 gr Tepung terigu
  2.  1 sdm Baking Powder 
  3. 1/4 sdt Garam 
  4. 2 butir Kuning telur 
  5. 1 3/4 cangkir susu 
  6. 1/2 cangkir minyak goreng 
  7. 2 putih telur 

Cara Membuat Waffle :

  1. Aduk tepung, bersama dengan  baking powder, dan garam di dalam mangkuk. Buatlah lubang di tengah campuran tepung tadi.  
  2. Kocok kuning telur ke dalam mangkuk yang lain, kemudian masukkan susu dan minyak.  
  3. Masukkan campuran kuning telur sekaligus ke dalam campuran tepung tadi. Aduk sampai adonan basah dan kental. 
  4. Bagian penting selanjutnya, kocok putih telur kedalam mangkuk lainnya sampai menjadi kaku dan lembut.
  5. Campur putih telur dengan adonan campuran tepung dan kuning telur, tapi ingat jangan overmix.
  6. Tuang sekitar satu cangkir adonan ke cetakan waffle, tunggu sampai matang, angkat sajikan dengan menggunakan Mapple syrup, Madu, Es Cream atau buah menurut selera anda
sekian resep dari saya selamat mencoba dan berkreasi dirumah...


   


DISCLAIMER: All wallpapers and backgrounds found here are believed to be in the "public domain". All of the images displayed are of unknown origin. We do not intend to infringe any legitimate intellectual right, artistic rights or copyright. If you are the rightful owner of any of the pictures/wallpapers posted here, and you do not want it to be displayed or if you require a suitable credit, then please contact us and we will immediately do whatever is needed either for the image to be removed or provide credit where it is due. All the content of this site are free of charge and therefore we do not gain any financial benefit from the display or downloads of any images/wallpaper.

0 Response to " Cara Mudah Membuat Waffle Ice Cream"

Post a Comment